Senin, 04 Februari 2013

Kekuatan Pikiran

Kekuatan Pikiran

Ada yang mengatakan pikiran seperti seekor kuda liar. Sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa pikiran sangat sulit dikendalikan. Dan seperti kuda liar, maka pikiran dapat membahayakan sang pemiliknya. Pikiran yang tidak bisa diam dan selalu aktif , membuat orang menjadi sangat mudah terombang – ambing perasaan dan suasana hatinya. Pikiran yang tidak jelas dan kacau inilah yang membuat orang menjadi mudah stress. Pikiran yang liar inilah yang membuat orang sulit untuk menjadi sukses dan selalu gagal. Jadi sadarilah bahwa pikiran memiliki kekuatan untuk menciptakan kehidupan kita sendiri.

Saya pun menyadari bahwa pikiran saya tidak bisa diam dan selalu aktif. Di saat sedang diam , saya sering memikirkan kegelisahan tentang hari esok, memikirkan masalah keuangan, memikirkan masalah hutang, memikirkan kegagalan , dan masih banyak pikiran yang terus datang mengusik. Saya menyadari bahwa pikiran saya sendiri benar – benar seperti kuda liar. Dan saya menyadari kegagalan saya dalam membangun usaha karena pikiran saya sendiri yang terlalu sibuk.

Memang pikiran adalah anugerah yang harus digunakan untuk berpikir. Tapi pikiran yang terlalu sibuk , malah berakibat buruk bagi diri saya sendiri. Sebab pikiran yang super sibuk ini , malah sering membuat saya memikirkan hal – hal negative . Pikiran tentang ketakutan gagal, pikiran tentang kecemasan , pikiran sakit hati masa lalu ,dan semua pikiran negative lainnya.

Setelah saya menyadari bahwa , pikiran yang terlalu sibuk  malah berakibat buruk bagi saya. Maka saya pun berusaha mengendalikan pikiran saya sendiri. Saya menghentikan kebiasaan memikirkan apapun, kecuali kalau memang perlu. Dulu saat saya termenung , saya sering menggunakan pikiran untuk memikirkan jalan keluar dari masalah keuangan atau masalah lainnya. Namun saat saya sedang  sendiri sekarang, saya tidak menggunakan pikiran itu untuk memikirkan apa pun . Saya tidak berkhayal atau membayangkan, dan merencanakan hidup saya dalam pikiran lagi. Tapi saya membiarkan pikiran itu mati setiap saat.

Di saat saya menulis artikel ini pun , banyak pikiran yang terus hadir. Tapi saya tidak memaksa pikiran saya untuk memikirkan kata – kata apa yang akan saya tulis, melainkan saya membiarkan kata kata itu mengalir dengan sendirinya dari kepala saya. Jadi saya tidak sengaja memaksa pikiran saya untuk berpikir tentang tulisan apa yang tepat untuk artikel  ini, tapi saya membuat pikiran saya sangat tenang sehingga keluarlah dari pikiran saya kata – kata untuk membuat artikel ini.

Pikiran adalah kuda liar. Dan kuda liar sangat berbahaya untuk sang pemiliknya serta tidak berguna , sebab hanya menyakiti pemiliknya bila digunakan. Untuk itu sadarilah bahwa pikiran Anda memiliki kekuatan dalam menciptakan hidup Anda sendiri, serta kebahagian dalam hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar